Trimester Ketiga Masa Kehamilan

06.00
Trimester Ketiga Masa Kehamilan - Trimester ketiga masa kehamilan adalah minggu ke-28 hingga ke-40 usia kandungan Anda. Pada saat ini adalah masa kehamilan yang penuh dengan tantangan. Pada saat ini perut Bunda benar-benar bertambah besar. Di kurun waktu ini insting Anda sudah mulai terasah untuk bisa memahami mana tanda-tanda kehamilan yang normal dan mana yang tidak biasa.

Trimester Ketiga Masa Kehamilan
Trimester Ketiga Masa Kehamilan

Trimester Ketiga Masa Kehamilan

Perubahan yang terjadi pada bayi Junior Anda pada minggu ke 28 berukuran sekitar 2,5 Kg dan panjangnya sekitar 16 inchi dan akan berkembang menjadi sekitar tiga hingga 4,5 Kg dengan panjang 19-22 inchi di akhir minggu ke-40.

Pada minggu ke-31 semua panca indranya sudah sempurna, bisa membedakan gelap dan terang, merasakan apa yang Anda makan, dan tentu saja mendengarkan suara Anda.

Selama minggu ke-34 bayi Anda memulai perjalananya untuk berputar dimana posisi kepala berada di bawah. Minggu 36 lemak yang ada di jaringan kulit semakin bertambah dan berat bayi sekitar 3 Kg. Dan pada minggu ke-38 bayi Anda terlindungi oleh ‘Vernix Caseosa’ sejenis lapisan lilin yang meindungi dari air ketuban. Diminggu ke-39 dan 40 keadaan sudah mulai terasa agak tenang dan perut bulatan perut Anda sudah mulai agak turun ke bagian bawah panggul. Selamat bunda Anda sedang menunggu saja masa kelihran.

Trimester Ketiga Masa Kehamilan Perubahan Yang Terjadi Pada Bunda

Bunda juga akan merasa sering kelelahan pada trimester ketiga masa kehamilan, hal ini alami sebab ukuran bayi yang Anda bawa semakin bertambah besar. Hal ini tentu saja menimbulkan tambahan tekanan pada tubuh Bunda.
Rasa sakit dibagian punggung juga bisa semkin intens. Hal ini bisa diatasi dengan cara cara:
  • duduk sambil meregangkan kedua kaki kemudian memutar ke kiri dan kanan, atau gerakan merangkak yang bisa membuat punggung lurus kembali.
  • carilah bantal duduk yang disediakan untuk ibu hamil. Bantal ini biasanya bisa dipakai dibawah perut untuk menyangga bagian punggung.
  • saat Bunda tidur gunakan penyangga untuk bagian punggung atau perut sehingga Bunda merasa nyaman
Oh ya bun, Trimester Ketiga Masa Kehamilan cobalah melakukan olahraga renang untuk bumil atau pilihan yoga bumil amat direkomendasikan pada kurun waktu ini ya, namun tidak usah terlalu berlebihan, dengarkan isi hati perasaan Anda.

Pada Trimester Ketiga Masa Kehamilan Cobalah untuk makan lebih sering namun dengan porsi yang kecil, kudapan snack yang menyehatkan contohnya buah, kacang-kacangan bisa ditaruh di kulkas sebagai persediaan. Jadi jika Anda merasa kehabisan energi tinggal comot dech makanan ini.

Trimester Ketiga Masa Kehamilan, Waspadai Hal Ini!

Pada Masa Trimester Ketiga Masa Kehamilan ada Hal yang perlu diwaspadai pada trimester ketiga kehamilan ini:
  1. rasa sakit yang amat di bagian perut atau kram akut
  2. muntah yang berlebihan
  3. mual yang berlebihan
  4. pendarahan
  5. kelelahan yang amat sangat
  6. rasa perih atau sakit saat kencing
  7. kenaikan berat badan yang cukup tinggi lebih dari 6,5 ons per bulan

Previous
Next Post »
0 Komentar