Mual Saat Hamil! Ini Cara Cepat Mengatasinya

06.00
Mual Saat Hamil! Ini Cara Cepat Mengatasinya - Mual saat hamil terutama pada kehamilan trimester pertama sangat wajar.  Mual (dengan atau tanpa muntah) terjadi pada 5-15 minggu usia kehamilan, pada 50%-90% ibu hamil.  

Mual Saat Hamil! Ini Cara Cepat Mengatasinya
Mual Saat Hamil

Mual Saat Hamil

Hal ini kadang menjadi masalah karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi yang asupannya melalui makanan, namun mual dapat menyebabkan nafsu makan hilang sama sekali.  Namun pada beberapa kasus, ada ibu hamil yang tidak merasakan mual-mual sama sekali.  Ada mitos yang menyatakan bahwa mual dan muntah saat hamil memperkecil kemungkinan keguguran, namun hal ini belum terbukti secara ilmiah.

Mual Saat Hamil, Ini Penyebabnya

Mual saat hamil memiliki beberapa kemungkinan penyebabnya.

Mual Saat Hamil Penyebab Pertama

Yang pertama adalah karena meningkatnya Hormon HCG.  Teori ini masih dipertanyakan karena hormon HCG hanya diproduksi hingga minggu ke 12, namun masih ada beberapa ibu hamil yang mengalami mual-mual di atas minggu ke 12.

Mual Saat Hamil Penyebab Kedua 

Penyebab yang kedua adalah karena lambung tertekan oleh rahim yang semakin membesar sehingga menyebabkan rasa ingin muntah.  Meningkatnya sensitivitas indera penciuman ibu hamil juga menyebabkan mual-mual saat hamil.

Mual Saat Hamil, Coba Tips Ini..!!

Ada beberapa cara dan tips untuk mengatasi mual saat hamil, diantaranya adalah:
  1. Dengan obat-obatan tertentu.  Ada kemungkinan dokter Anda menyarankan obat-obatan untuk menekan rasa mual yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.  Namun Anda tidak disarankan menggunakan obat-obatan ini tanpa resep dokter.  Beberapa obat yang disarankan adalah: doxylamine dan vitamin B6, antihistamin, promethazine, metoclopramide, ondansetron, dan antasida.
  2. Makan makanan ringan (seperti biskuit) sebelum tidur.
  3. Tidur cukup, 8-9 jam per hari.  Jika memungkinkan, tidur siang beberapa saat.  Kelelahan dapat memicu timbulnya mual-mual.
  4. Meningkatkan frekuensi makan dalam porsi yang kecil-kecil.  Makan besar cenderung memicu mual-mual.
Mual saat hamil dapat merupakan saat terberat bagi ibu hamil.  Dukungan dari lingkungan sekitar sangat dibutuhkan, namun perlu tekad dan kesabaran ibu hamil untuk terus memasukkan nutrisi ke tubuh demi buah hati tercinta. 

Namun jika mual dan muntah berlangsung lebih dari 14 minggu, Anda harus konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat agar ibu dan bayi mendapat nutrisi yang dibutuhkan tubuh.  Fokuslah kepada bayi Anda dan ingat bahwa kondisi ini hanya berlangsung sementara.
Previous
Next Post »
0 Komentar